Mengapa Banyak Sekali Orang yang Sangat Menyukai Film Horor?

menyukai film horor
Sumber: thelineup

Anda pasti pernah mengajak pasangan atau teman Anda untuk menonton film horor, pastinya sebagian dari mereka ada yang menolak untuk menontonnya karena takut muncul hantu dengan wujud yang menyeramkan ketika menonton film tersebut. Sebagiannya lagi merasa tertantang untuk menonton film horor, karena penasaran apa yang akan terjadi ke depannya. Namun, kenapa orang-orang yang takut akan film horor, tetap suka sekali dengan film jenis ini? Di artikel ini akan dikupas tuntas mengenai alasan orang menyukai film horor.

Inilah Alasan Mengapa Kita Menyukai Film Horor

Sumber : homemcr
Sumber : homemcr

Para ahli peneliti di University of Augsburg di Jerman dan di University of Wisconsin-Madison sangat penasaran apa yang membuat mereka begitu menyukai film-film horor. Dengan penelitian yang dipresentasikan dalam Annual Conference of the International Communication Association ini juga ingin melihat, apakah motivasi dari menonton adegan kekerasan hanya demi kesenangan semata?

Dalam penelitian tersebut, ada 482 peserta yang berusia 18 – 82 tahun diminta untuk melihat cuplikan film horor yang menampilkan berbagai tingkat kekerasan. Namun, para peserta diminta untuk menilai seberapa besar kemungkinan dan keinginannya untuk menonton film dalam cuplikan dari awal hingga selesai.

Para peserta juga akan ditanyai pendapatnya mengenai seberapa sadisnya, provokatif, dan menegangkan cuplikan film yang ditonton. Lalu hasilnya akan menunjukkan bahwa kesenangan hanya sebagian dari tujuan orang menonton film horor. Ada juga orang yang cenderung menonton film horor berasa bermanfaat dalam menghadapi situasi di kehidupan nyata.

“Nampaknya penggambaran kekerasan yang dianggap bermakna dapat memupuk empati kepada para korban, kekaguman atas tindakan yang berani, dan nilai moral ketika menghadapi kekerasan atau refleksi diri yang berkaitan dengan stimulus kekerasan,” kata Anne Bartsch, peneliti dari University of Augsburg seperti dilansir The Guardian, Senin (1/4/2013).

Beberapa jenis film horor dan kekerasan juga menarik penonton karena dianggap menambah pengetahuan mengenai beberapa sudut pandang kondisi manusia. Tetapi, para peneliti sebelumnya menemukan bahwa para penonton sebenarnya tidak terlalu tertarik pada jalan cerita dari film horor yang ada unsur kekerasan di dalamnya, akan tetapi mereka lebih tertarik karena sensasi dan ketegangan di dalamnya.

Intinya para penoton lebih tertarik ketika ada adegan yang membuat jantung mereka berdebar kencang, sehingga di saat hantu atau sang pembunuh muncul dapat membuat mereka terkejut lepas. Hal ini yang membuat mereka semakin tertarik untuk mengikuti cerita selanjutnya.

Beri Komentar Anda

komentar