Ternyata Ini 5 Cara Bernegosiasi untuk Dapatkan Kenaikan Gaji Lebih Tinggi

Sumber: economy.okezone

Satu impian dari pekerja kantor sebenarnya sederhana saja. Salah satunya, bisa mendapatkan kenaikan gaji lebih tinggi. Rasanya tak peduli apapun posisinya saat ini dan juga apa bidang pekerjaan yang dilakukan, banyak yang merasakan keinginan untuk bisa mendapatkan gaji yang lebih besar. Tentunya, demi mendapatkan pendapatkan lebih besar juga.

Meski ada banyak sekali cara untuk mendapatkan pendapatan yang lebih besar, namun tentunya, tak ada salahnya untuk mencoba meminta kenaikan gaji lebih tinggi. Tentunya disaat yang sama, mempertimbangkan apa saja yang membuat Anda layak mendapatkan kenaikan gaji tersebut.

5 Cara Bernegosiasi untuk Dapatkan Kenaikan Gaji Lebih Tinggi

Nah setelah yakin Anda memang layak untuk mendapatkan kenaikan gaji, di bawah ini terdapat 5 cara melakukan negosiasi demi mendapatkan kenaikan gaji lebih tinggi.

1. Jangan Gunakan Alasan yang Terlalu Personal

Warna Pakaian favorit
Sumber : medicaldaily

Seringkali, alasan Anda untuk mendapatkan kenaikan gaji merupakan alasan personal. Entah itu karena kebutuhan yang meningkat atau bahkan karena alasan personal lain. Tapi sebenarnya, ketika Anda akan bernegosiasi mengenai permintaan kenaikan gaji, sebaiknya tidak memberikan alasan yang terlalu personal.

Hal ini selain menunjukkan ketidakprofesionalitas, juga membuat perusahaan merasakan “bukan urusan saya” pada alasan negosiasi yang diberikan.

2. Jujur

tidak jujur

Bila memberikan sebuah alasan sebagai landasan negosiasi, berikan alasan sejujur mungkin. Ungkapkan dengan penuh kejujuran mengapa Anda berpikir pantas mendapatkan gaji lebih dari perusahaan. Selain itu, jika memang perlu memang tunjukkan bukti-bukti yang memperkuat alasan mengapa Anda layak mendapatkan kenaikan gaji tersebut.

Lainnya, kejujuran pun penting untuk ditunjukan pada alasan lain yang diberikan. Misalnya, pekerjaan saat ini menawarkan gaji yang lebih sedikit bila dibandingkan pada pekerjaan sebelumnya. Ungkapkan alasan ini dengan sejujurnya.

3. Pertimbangkan Kompensasi

negosiasi
sumber: maskoolin

Katakan saja begini. Ketika meminta kenaikan gaji lebih tinggi, perhatikan juga dari segi perusahaan. Maksudnya, lihat lagi kompensasi apa yang diberikan oleh perusahaan selain gaji bersih setiap bulannya. Mungkin jatah libur yang lebih banyak, adanya paid holiday setiap tahun yang tentu menguntungkan, hingga misalnya jaminan kesehatan. Dan bahkan mungkin jaminan pendidikan anak.

Pertimbangkan semua hal tersebut. Dan bila ada yang Anda rasa kurang atau tak butuhkan, dan lebih memilih mendapatkan kenaikan gaji saja, tambahkan hal tersebut pula ketika proses negosiasi.

4. Kemauan untuk Kompromi

Sumber: lifestyle.okezone
Sumber: lifestyle.okezone

Ketika bernegosiasi, jangan hanya menunjukkan apa yang Anda mau. Ingat ada perbedaan besar antara negosiasi dengan menuntut. Dan yang Anda lakukan tentu saja, adalah bernegosiasi dan bukannya menuntut. Karena itu, siapkan diri juga untuk berkompromi dengan keputusan dari perusahaan. Entah itu akan menaikkan gaji Anda atau malah hanya akan memberikan kompensasi berbeda dari pekerjaan yang dilakukan.

Ingat, proses negosiasi seharusnya memberikan hasil yang menguntungkan pada kedua pihak.

5. Tempatkan Diri di Posisi Adil

jadilah pendengar yang baik

Jangan melihat diri “terlalu tinggi” dan menuntut kenaikan gaji lebih tinggi dari yang seharusnya Anda rasakan bakal Anda dapatkan. Atau yang layak dengan kemampuan dan pengalaman yang Anda tawarkan pada perusahaan. Di sisi lain, jangan pula melihat diri terlalu rendah. Lihat lagi, seberapa banyak gaji yang Anda rasa layak Anda dapatkan dan seberapa yang tidak. Gunakan penilaian adil ini untuk melihat masalah kenaikan gaji tersebut dengan lebih adil.

Beri Komentar Anda

komentar