Penasaran dengan Apa yang Diinginkan oleh Pewawancara? Perhatikan 5 Hal di Bawah Ini

Wawancara Kerja
Sumber : forbes

Pernah tidak, setelah melalui sederet wawancara panjang untuk mencari pekerjaan, Anda bertanya-tanya apa yang sebenarnya dicari dan diinginkan oleh pewawancara? Untuk menjawab pertanyaan ini, tentu saja pewawancara akan mencari pegawai yang sesuai dengan kualifikasi yang diperlukan oleh perusahaan, pada posisi tertentu.

Namun selain itu, rupanya ada beberapa hal lain yang diinginkan ole pewawancara dari pelamar kerja. Dan seringnya, ini tak ada hubungan dengan kemampuan atau kualifikasi di posisi tertentu. Di bawah ini, beberapa hal yang pewawancara harap bisa dilakukan dan diketahui oleh pelamar kerja. Tentu saja untuk memperbesar kemungkinan diterima nantinya.

5 Hal yang Diinginkan oleh Pewawancara dari Pelamar Kerja

Penasaran apa saja yang ingin dilijat oleh para pewawancara kerja ketika melihat lamaran pekerjaan atau ketika bertemu untuk wawancara kerja? Berikut ulasannya.

1. Pastikan Informasi Paling Up to Date

CV tidak update

Satu hal yang rupanya diinginkan oleh pewawancara ketika melihat sebuah lamaran kerja, adalah informasi yang ter-update. Ini mulai dari nomor telepon, alamat email, lokasi tempat tinggal, hingga informasi yang lebih krusial seperti pengalaman kerja terakhir hingga kemampuan.

Ini karena, seiring berjalannya waktu kemampuan Anda pun akan berubah dan bertambah. Dan ini, yang ingin dilihat oleh para pewawancara kerja. Apa kemampuan terbaru Anda, dan apakah nantinya kemampuan tersebut berguna atau tidak untuk perusahaan dan posisi yang diinginkan.

2. Tunjukan Anda Cocok untuk Posisi Tersebut

tidak cocok dengan perusahaan

Salah satu hal yang ingin dilihat oleh pewawancara, adalah apakah Anda sendiri melihat diri Anda cocok dengan posisi tersebut. Atau apakah hanya melamar pekerjaan di posisi tersebut sebagai “batu lompatan” saja. Dengan melihat diri sendiri cocok di sebuah posisi, maka seharusnya pelamar kerja bisa menunjukkan apa yang membuat dirinya seharusnya diterima. Inilah yang dianggap menarik dan diinginkan oleh pewawancara kerja.

Katakan saja seperti ini, bila Anda melamar kerja sebagai seorang customer service namun sebenarnya Anda tahu tak akan cocok di posisi tersebut, maka pewawancara juga bisa melihat hal ini. Sebaliknya juga begitu.

Tunjukkan dan jual mengapa Anda layak diterima dan akan cocok dengan sebuah posisi.

3. Apa yang Spesial dari Diri Anda

berkomunikasi cara berlebihan

 

Pewawancara kerja mungkin menerima puluhan pelamar kerja dengan kemampuan yang sama, pengalaman yang kurang lebih sama dengan Anda, dan tentunya kualifikasi yang tak jauh berbeda. Nah, yang ingin dilihat oleh pewawancara kerja disini, apa yang membuat Anda berbeda dari puluhan orang tersebut. Tunjukkan satu hal spesial dari diri Anda yang kira-kira bisa membuat pewawancara tertarik.

4. Memiliki Ekspektasi

pekerjaan luar ekspektasi

Tak ada salahnya dengan menyebutkan secara jujur apa ekspektasi Anda dari pekerjaan, dan posisi yang ditawarkan, hingga dari perusahaan. Dan ketika pewawancara menanyakan mengenai berapa gaji yang diminta, tak ada salahnya juga bila Anda mampu menyebutkan dengan jelas dan terbuka, berapa nominal yang Anda inginkan untuk bisa bekerja dengan baik.

Pelamar kerja yang tak memiliki ekspektasi apapun malah dinilai negatif oleh pewawancara kerja.

5. Tunjukkan Kekurangan

kekurangan

Ya, tak hanya ingin mendengar mengenai sederet kelebihan dan kemampuan, para pewawancara kerja ini pun rupanya ingin melihat kekurangan dari pegawai yang akan di-hire. Apa yang menjadi kekurangan dan apa yang Anda rasa harus diperbaiki. Serta tentunya niatan untuk memperbaiki hal tersebut.

Dengan memenuhi 5 hal tersebut, maka tak heran bila pewawancara kerja akan langsung merasa tertarik dengan lamaran yang Anda berikan.

Beri Komentar Anda

komentar